Situs Perangkat K13 dan Modul Ajar Kumer

Selamat datang di situs DUNIA PENDIDIKAN, semoga terjalin tali silaturrahim antara kita. Selain berbagi lewat blog atau website, kami juga berbagi lewat channel youtube "DUNIA PENDIDIKAN". Oleh karena itu, mari kita dukung dengan cara like, subscribe, comment dan share. Terima kasih atas kunjungannnya.

Materi PAUD/TK/RA Kurikulum 2013.


Pada kesempatan ini, kami berbagi materi tentang Materi PAUD/TK/RA Kurikulum 2013.

Perlu dimaklumi bersama bahwa materi/muatan pembelajaran TK (usia 4-5 tahun) sesuai Kurikulum 2013 PAUD yang diturunkan dari Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kompetensi Dasar (KD) untuk KI-1 dan KI-2 tidak dirumuskan secara tersendiri.

1. Indikator pencapaian perkembangan anak untuk KD pada KI Sikap Spiritual dan KD pada KI Sikap Sosial tidak dirumuskan secara tersendiri. Pembelajaran untuk mencapai KD-KD ini dilakukan secara tidak langsung, tetapi melalui pembelajaran untuk mencapai KD-KD pada KI Pengetahuan dan KI Keterampilan, serta melalui pembiasaan dan keteladanan. 

2. Dengan kata lain, sikap positif anak akan terbentuk ketika dia memiliki pengetahuan dan mewujudkan pengetahuan itu dalam bentuk hasil karya dan/atau unjuk kerja. Contoh sikap positif itu adalah perilaku hidup sehat, jujur, tanggung jawab, peduli, kreatif, kritis, percaya diri, disiplin, mandiri, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, dan santun.

Pembelajaran PAUD yang baik dilaksanakan secara sistematis dan berkesinambungan. Kegiatan pembelajaran dirancang mengikuti prinsip- prinsip pembelajaran, keluasan muatan/materi, pengalaman belajar, tempat dan waktu belajar, alat/sumber belajar, model pembelajaran dan cara penilaian.


Lihat juga:


Kualitas pembelajaran anak usia dini dapat diukur dan ditentukan oleh sejauh mana kegiatan pembelajaran dapat mengubah perilaku anak ke arah yang sesuai dengan tujuan kompetensi yang telah ditetapkan. 

Oleh karena itu, Guru PAUD diharapkan mampu merancang, mengembangkan, dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik, kebutuhan, dan perkembangan anak.

Muatan pembelajaran PAUD umumnya dirumuskan dalam Dokumen 1 (pemetaan materi pembelajaran berdasarkan program dan kompetensi dasar). Materi / Muatan Pembelajaran TK-A Kurikulum 2013 PAUD.

Muatan Pembelajaran PAUD adalah dasar acuan yang digunakan untuk menyusun rencana pembelajaran PAUD yang terdiri dari :
  1. Program Semester (Prosem)
  2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM)
  3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH)
Berikut adalah contoh program pengembangan dan muatan/materi pembelajaran kurikulum PAUD 2013 sebagaimana yang tertuang dalam Dokumen I (KTSP). 

Rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan rancangan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan bermain yang memfasilitasi anak dalam proses belajar.  Rencana pelaksanaan pembelajaran  dibuat sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Fungsi Materi / Muatan Ajar TK-A Kurikulum 2013 PAUD

Untuk membuat program mingguan (RPPM), dan jawaban dari tujuan dibuat bahan ajar TK-A ini adalah untuk membuat RPPM TK-A semester 1dan 2 yang sudah kami berikan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan download... Materi PAUD/TK/RA Kurikulum 2013.

Demikian, semoga bermanfaat.
Labels: KELAS A, MATERI, PAUD/TK/RA

Thanks for reading Materi PAUD/TK/RA Kurikulum 2013.. Please share...!

0 Comment for "Materi PAUD/TK/RA Kurikulum 2013."

Jangan nyepam ya !

Back To Top