Situs Perangkat K13 dan Modul Ajar Kumer

Selamat datang di situs DUNIA PENDIDIKAN, semoga terjalin tali silaturrahim antara kita. Selain berbagi lewat blog atau website, kami juga berbagi lewat channel youtube "DUNIA PENDIDIKAN". Oleh karena itu, mari kita dukung dengan cara like, subscribe, comment dan share. Terima kasih atas kunjungannnya.

Pengertian, Tujuan, Generic Structure, dan Contohnya.


Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang Report Text: Pengertian, Tujuan, Generic Structure, dan Contohnya. 

A. Pengertian

Report text adalah jenis teks yang mengumumkan hasil penyelidikan atau mengumumkan sesuatu Informasi yang diberikan dalam teks laporan adalah informasi yang sangat umum.

Report text sering kali disamakan dengan descriptive text, bedanya adalah recont text menjelaskan sesuatu secara general atau umum sedangkan descriptive text menjelaskan sesuatu yang spesifik atau khusus. Report text juga biasanya bersifat ilmiah.

B.  Tujuan

Adapun tujuannya: untuk menyajikan informasi tentang sesuatu secara umum kepada pembaca.

Secara umum, report text menggambarkan hal-hal yang berkenaan dengan fenomena alam , buatan manusia dan sosial di lingkungan kita seperti : mamalia, planet-planet, batu, tanaman, negara-negara dan kota, budaya, transportasi, dan sebagainya. Dan report text bersifat ilmiah karena menyajikan fakta-fakta sebagai hasil penelitian atau observasi.

C. Generic Structure
  • General Classification berisi pernyataan umum tentang subject yang dibicarakan atau dibahas.
  • Description merupakan bagian yang memberikan gambaran secara detail mengenai subject yang dibahas pada bagian general classification.

D.  Contoh Report Text

MAMALIA: KELINCI

Kelinci adalah mamalia pemakan tanaman berkaki empat dengan telinga yang panjang, bibir atas yang terbelah dua serta dua kaki belakang yang sangat kuat yang membuat mereka menjadi pelompat yang baik. Pada awalnya, mereka dijuluki coneys. Sebutan “Rabbit” pertama kali digunakan untuk menunjuk pada kelinci yang masih muda hingga abad ke 18 ketika kata “Rabbit” menjadi lebih populer di masyarakat. Kelinci yang baru lahir kondisinya tidak berbulu dan buta, keadaan yang tak berdaya ini adalah alasan mengapa kelinci tinggal di dalam gua yang aman di bawah tanah. Kelinci hanya bisa ditemukan di beberapa bagian dunia ini, dan kesemuanya itu dibagi kedalam delapan genus, genus tersebut adalah: Genus Pentalagus, Genus Bunolagus, Genus Nesolagus, Genus Romerolagus, Genus Brachylagus, Genus Sylvilagus, Genus Oryctolagus dan Genus Poelagus.

Semua kelinci memiliki ekor pendek yang khas. Rata rata ukuran tubuh mereka adalah 20 hingga 50 cm dan rata rata berat tubuh nya sekitar setengah hingga 2 kg. Telah tercatat bahwa kelinci dewasa memiliki masa hidup 3 tahun di lingkungan alami mereka, tapi diyakini juga bahwa mereka bisa hidup lebih lama jika mereka berada dalam perawatan manusia. Sama seperti manusia, mereka tidur selama sekitar 8 jam di dalam liang bawah tanah mereka. Mereka memiliki macam warna yang sangat banyak, mulai dari warna putih, coklat, hitam dan abu abu, tapi sebagian besar dari mereka memiliki kombinasi beberapa warna. Kelinci kelinci saling berkomunikasi dengan yang lainnya dengan memperagakan berbagai posisi tubuh dan juga dengan membuat beberapa suara.
Labels: BAHASA INGGRIS, KELAS 9, MATERI, SMP/MTs

Thanks for reading Pengertian, Tujuan, Generic Structure, dan Contohnya.. Please share...!

0 Comment for "Pengertian, Tujuan, Generic Structure, dan Contohnya."

Jangan nyepam ya !

Back To Top