Situs Perangkat K13 dan Modul Ajar Kumer

Selamat datang di situs DUNIA PENDIDIKAN, semoga terjalin tali silaturrahim antara kita. Selain berbagi lewat blog atau website, kami juga berbagi lewat channel youtube "DUNIA PENDIDIKAN". Oleh karena itu, mari kita dukung dengan cara like, subscribe, comment dan share. Terima kasih atas kunjungannnya.

Contoh Bab V Penutup Praktek Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK).


Selamat datang para calon guru di blog Dunia Pendidikan, pada kesempatan ini kami berbagi Contoh Bab V Penutup Praktek Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK).

Contoh ini sebagai persiapan dan referensi dalam membuat laporan Praktek Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK).

PPLK adalah suatu mata kuliah yang sangat membantu dan sangat diperlukan dalam tahap penyempurnaan untuk menjadi seorang tenaga guru yang profesional.

Untuk melengkapi kekurangan tersebut, maka mahasiswa calon pendidik diwajibkan untuk melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) di sekolah atau Madrasah yang telah ditetapkan.

Dengan demikian diharapkan para mahasiswa calon guru setelah selesai praktek mempunyai bekal yang cukup untuk memasuki dunia kependidikan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai melalui program PPLK tersebut.

Berikut Contoh Bab V Penutup Praktek Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK):

BAB V PENUTUP

A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian tersebut maka penyusun dapat menyimpulkan sebagai berikut:
1. Praktik mengajar merupakan kegiatan yang wajib ditempuh oleh Mahasiswa, khususnya Mahasiswa calon guru dari Institut atau Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dalam rangka pembentukan karakter dan profesionalitas kerja serta berkomitmen dengan profesi yang digelutinya.

2. Dengan kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPLK) maka usaha Mahasiswa sebagai calon guru dapat memperoleh pengalaman yaitu :
  • Mengetahui jenis–jenis administrasi guru.
  • Melaksanakan peroses kegiatan peroses belajar mengajar.
  • Mengelola kelas.
  • Mengadakan evaluasi.
3. Dengan praktik mengajar, maka mahasiswa sebagai calon guru dapat mengetahui secara langsung karakteristik siswa yang berhubungan dengan kemampuan belajar secara langsung.

4. Segala hambatan maupun permasalahan yang dihadapi merupakan sebuah proses menuju profesionalitas guru, sehinga permasalahan apapun yang dihadapi dijadikan sebagai pembelajaran bukan suatu hal yang harus dihindari.

5. Permasalahan yang terkait dengan administrasi mengajar perlu mendapat perhatian. Yang akan berimbas pada kerberlangsungan KBM yang bermakna.

6. Adanya korelasi positif antara teori dan praktik yang dilaksanakan antara materi kuliah dengan pengalaman mengajar di sekolah.

7. Dengan adanya kegitan peraktik pengalaman lapangan seorang calon guru dapat mengetahui sekolah secara umum baik tugas mengajar maupun tugas administrasi.


B. Saran-saran
Adapun saran-saran yang dapat penyusun paparkan dalam laporan ini adalah sebagai berikut:
  1. Guru hendaknya memiliki sikap sebagai orang tua atau partner bukan sebagai hakim.
  2. Tidak ada pandangan skeptis guru terhadap siswanya. Karena siswa punya krakteristik yang berbeda sehingga perlakuan yang diberikan tidak mutlak harus sama.
  3. Persiapan mengajar guru sangat diperlukan karena tidak mungkin kita akan memberikan sesuatu jikalau kita tidak memiliki. Artinya tidak mungkin kita bisa memberikan penyampaian materi sementara kita tidak menguasai materi itu.
  4. Bersikap dewasa dalam menaggapi permasalahan siswa.
  5. Selalu mendo’akan peserta didik. Karena kesalahan bukan murni datangnya dari peserta didik bisa saja kesalahan juga datangnya dari diri pribadi.
  6. Evaluasi diri sangat diperlukan bagi siswa, Sebaiknya siswa siswi di MTs ...... pada waktu peroses belajar mengajar yang sedang berlangsung hendaknya memperhatikan guru agar peroses belajar mengajar terlaksana dengan baik.
  7. Hendaknya mahasiswa yang memprogramkan PPLK tidak sedang dalam memprogramkan mata kuliah yang banyak agar lebih banyak waktu untuk menimba pengalaman di sekolah.
  8. Sebelum melaksanakan kegiatan PPLK mahasiswa harus dibekali dengan pengalaman mengajar dalam bentuk Mikro teaching dalam waktu yang cukup lama, sehingga mereka dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah tempat PPLK.
  9. Agar pelaksanaan PPLK lebih produktif, hendaknya dalam hal negosiasi antara UPPLK dengan pihak sekolah dilakukan dengan baik, sehingga pelaksanaan PPLK untuk satu semester tepat dimulai pada saat pelaksanaan semester yang bersangkutan dimulai, sehingga guru pamong dan mahasiswa PPLK tidak kesulitan dalam penentuan dan perencanaan bahan ajar yang diberikan untuk satu semester. 
  10. Penyelenggaraan Praktik Pengalamn Lapangan (PPLK) hendaknya di sesuiakan   dengan kondisi dan situasi sekolah yang bersangkutan.
  11. Kepada Bapak kepala sekolah, guru pamong dan semua dewan guru hendaknya tidak segan-segan memberikan tugas–tugas administrasi yang di anggap perlu karna hal tersebut akan menambah pengetahuan (wawasan) dan pengalaman kami mahasiswa PPLK dalam pengelolaan administrasi.
  12. Kepada Bapak kepala sekolah dan guru pamong, untuk mahasiswa PPLK yang akan datang, kami mengusulkan hendaknya mahasiswa di latih untuk menjadi guru kelas serta di latih untuk menyelesaikan setiap administrasi kelas, sehingga di harapkan nantinya mahasiswa mempunyai pengetahuan dan rasa tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang harus di selesaikan oleh seorang guru kelas. 
  13. Kepada Bapak kepala sekolah, kami mengharapkan agar Bapak dan pihak sekolah tidak merasa bosan dan selalu bersedia menerima serta membimbing mahasiswa PPLK pada masa yang akan datang. 
  14. Kemudian masalah kedisiplinan siswa dan guru harus di tingkatkan, soalnya saya lihat kedisiplinan kurang terutama siswa. Sehingga nantinya bisa meningkatkan potensi belajar sisiwa dan mutu sekolah. 
  15. Dan yang terakhir kami menyarankan agar hendaknya apa yang telah di capai pada saat sekarang ini agar tetap di perhatikan dan tetap menjadi pelajaran untuk lebih bermotivasi pada tahun yang akan datang.

NEW INFO Selain berbagi lewat blog atau website, kami juga berbagi lewat channel youtube "DUNIA PENDIDIKAN". Oleh karena itu, mari kita dukung channel ini dengan cara like, subscribe, comment dan share.

    Download juga:

    Demikian, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.


    Labels: MATERI, PERGURUAN TINGGI, PPLK/KKN

    Thanks for reading Contoh Bab V Penutup Praktek Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK).. Please share...!

    0 Comment for "Contoh Bab V Penutup Praktek Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK)."

    Jangan nyepam ya !

    Back To Top