Situs Perangkat K13 dan Modul Ajar Kumer

Selamat datang di situs DUNIA PENDIDIKAN, semoga terjalin tali silaturrahim antara kita. Selain berbagi lewat blog atau website, kami juga berbagi lewat channel youtube "DUNIA PENDIDIKAN". Oleh karena itu, mari kita dukung dengan cara like, subscribe, comment dan share. Terima kasih atas kunjungannnya.

Penjelasan Iman, Islam dan Ihsan.


Berangkat dari sebuah hadist yang tertera didalamnya nabi Muhammad menjelaskan esensi iman islam dan ihsan ketika kala itu jibril pembawa wahyu tuhan datang kepadanya dengan pertanyaan di hadapan para sahabat beliau, sebuah gambaran yang begitu simple jelas tentang islam sebagai last religion dapat kita tangkap dengan kejernihan akal budi kita. 

Bagaimana tidak? islam tidak mengenal penebusan dosa ataupun teori teologi threnietas dan lain sebagainya.komponen pokok yang di bawa oleh islam hanya apa yang termuat dalam hadist tersebut yang mencakup tiga dimensi asasi yaitu aqidah (theology) syariah (ibadah) akhlaq (pekerti).

Dan islam bukanlah sebuah agama yang hanya berbicara di wilayah-wilayah privat,bahkan bisa dikatakan islam adalah paling sosialis di antara agama lain atau pemikiran social liberal seperti kalr-mark ataupun lainnya dan perhatian pada ruang social interaction sangatlah gamblang. 

Dari semua itu ,tiga main dimension (aqidah, syariah, akhlaq) terbagi menjadi dua segment menurut kategori hubungan vertical dan horizontal yaitu ruang privat (vertical/pribadi) dan ruang public (horizontal /social). 

Ruang privat adalah wilayah pribadi yang terjalin dengan hubungan top-down antara tuhan dengan manusia sedangkan wilayah social adalah jalinan publik secara horizontal yang menghubungkan satu dengan yang lain.

Iman atau tidak lebih dari akidah dalam perspektif ruang pribadi adalah bentuk dari ketauhidan kita terhadap tuhan dengan semua nilai privat relation yang berarti tidak ada campur tangan dari publik  terhadap keyakinan personal. 

Hal ini berarti kebebasan berideologi terhadap semua orang sangatlah luas dalam kerangka individu. 

Lain halnya dengan akidah sosial (atau iman/akidah dalam perspektif ruang publik) dimana hal yang paling krusial adalah letak dari subtansi relation dengan tolok ukur public redency demi terciptanya suatu keadilan social yang merata. 

Jadi, wilayah social dari akidah adalah keadilan yang harus terimplementasi di tatanan social kemasyarakatan yang merupakan main ideology sebagaimana yang diketengahkan oleh ajaran-ajaran islam yang baku (social theology). 

Ada statement  yang cukup menggelitik pemikiran kita yang sering kita dengar di setiap seminar yang bertema dinamika intelektual dan keilmuan.
Labels: KAJIAN ISLAM, KOLEKSI TERBARU

Thanks for reading Penjelasan Iman, Islam dan Ihsan.. Please share...!

0 Comment for "Penjelasan Iman, Islam dan Ihsan."

Jangan nyepam ya !

Back To Top