Situs Perangkat K13 dan Modul Ajar Kumer

Selamat datang di situs DUNIA PENDIDIKAN, semoga terjalin tali silaturrahim antara kita. Selain berbagi lewat blog atau website, kami juga berbagi lewat channel youtube "DUNIA PENDIDIKAN". Oleh karena itu, mari kita dukung dengan cara like, subscribe, comment dan share. Terima kasih atas kunjungannnya.

Contoh Program Kepala Laboratorium IPA Tahun Pelajaran 2020/2021.


Selamat datang, pada kesempatan ini kami berbagi tentang Contoh Program Kepala Laboratorium IPA Tahun Pelajaran 2020/2021.

Contoh Program Kerja Kepala Laboratorium IPA.

I. PENDAHULUAN

Laboratorium dan jenis peralatannya merupakan sarana dan prasana penting untuk penunjang   proses pembelajaran di sekolah.  Dikemukakan pada PP Nomor 19  Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 42 ayat (2) serta Pasal 43 ayat (1) dan ayat (2) bahwa:

1. Pasal 42  (2) :
Setiap satuan pendidikan wajib memiliki prasarana yang meliputi lahan, ruang kelas,  ruang pimpinan satuan pendidikan, ruang pendidik, ruang tata usaha, ruang  perpustakaan,  ruang laboratorium, ruang bengkel kerja, ruang unit produksi, ruang kantin, instalasi daya dan jasa, tempat berolahraga, tempat beribadah, tempat bermain, tempat berkreasi, dan ruang/tempat lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.

2. Pasal 43
  • Standar keragaman  jenis peralatan laboratorium ilmu pengetahuan alam (IPA), laboratorium bahasa,  laboratorium komputer, dan peralatan pembelajaran lain pada satuan pendidikan dinyatakan dalam daftar yang berisi jenis minimal  peralatan yang harus tersedia.
  • Standar jumlah peralatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dinyatakan dalam rasio minimal jumlah peralatan perpeserta didik.
Untuk meningkatkan efesiensi dan efektifitas, laboratorium harus dikelola dan dimanfaatkan  dengan baik. Sebagus  dan selengkap  apapun suatu laboratorium tidak akan berarti apa-apa  bila tidak ditunjang oleh manajemen yang baik.

II. PENGERTIAN DAN FUNGSI LABORATORIUM

Laboratorium atau  Laboratory  pada kamus Webster’s, yaitu  A building or room in which  scientific experiments are conducted, or where drugs, chemicals explosives are tested or compounded.  Pada kamus Oxford,  Laboratory:  room or building used for scientific  experiments, research, testing, etc esp in chemistry… language. (Hornby, 1985).  Pada Wikipedia, Laboratorium (disingkat lab) adalah tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran  ataupun pelatihan ilmiah dilakukan. Laboratorium biasanya dibuat untuk memungkinkan  dilakukannya kegiatan-kegiatan tersebut secara terkendali. Laboratorium ilmiah biasanya  dibedakan menurut disiplin ilmunya, misalnya laboratorium  fisika, laboratorium  kimia,  laboratorium biokimia, laboratorium komputer, dan laboratorium bahasa. (Wikipedia, 2007). 

Pada SPTK-21 dikemukakan Laboratorium merupakan tempat untuk mengaplikasikan teori  keilmuan, pengujian teoritis, pembuktian uji coba, penelitian,  dan sebagainya dengan  menggunakan alat bantu yang menjadi kelengkapan dari fasilitas dengan kuantitas dan kualitas yang memadai (Depdiknas, 2002).

Dalam konteks pendidikan di sekolah laboratorium mempunyai  fungsi sebagai tempat proses pembelajaran dengan metoda praktikum yang dapat memberikan pengalaman belajar pada siswa untuk berinteraksi dengan alat dan bahan serta mengobservasi berbagai gejala secara langsung.  Kegiatan laboratorium/praktikum akan memberikan peran yang sangat besar  terutama dalam:
  1. Membangun pemahaman konsep;
  2. Verifikasi (pembuktian) kebenaran konsep;
  3. Menumbuhkan keterampilan proses (keterampilan dasar bekerja ilmiah) serta afektif siswa;
  4. Menumbuhkan “rasa suka” dan motivasi terhadap pelajaran yang dipelajari;
  5. Melatih kemampuan psikomotor.

Oleh karena itu kegiatan laboratorium/praktikum  akan  dapat  meningkatkan kecakapan  akademik,  sosial,  dan vokasional.  Magnesen yang dikutif oleh DePorter, dkk. dan diterjemahkan oleh Nilandari (2000) mengemukakan:

”Kita belajar”:
  • 10% dari apa yang kita baca,
  • 20% dari apa yang kita dengar,
  • 30% dari apa yang kita lihat,
  • 50% dari apa yang kita lihat dan dengar,
  • 70% dari apa yang kita katakan,
  • 90% dari apa yang kita katakan dan lakukan.”

III. STRUKTUR ORGANISASI LABORATORIUM

IV. SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM

V. ADMINISTRASI LABORATORIUM

VI.  KEAMANAN KERJA DAN  TATA TERTIB LABORATORIUM

DAFTAR PUSTAKA


Demikian, semoga bermanfaat.
Labels: LABORATORIUM IPA, PROGRAM KERJA

Thanks for reading Contoh Program Kepala Laboratorium IPA Tahun Pelajaran 2020/2021.. Please share...!

0 Comment for "Contoh Program Kepala Laboratorium IPA Tahun Pelajaran 2020/2021."

Jangan nyepam ya !

Back To Top