Situs Perangkat K13 dan Modul Ajar Kumer

Selamat datang di situs DUNIA PENDIDIKAN, semoga terjalin tali silaturrahim antara kita. Selain berbagi lewat blog atau website, kami juga berbagi lewat channel youtube "DUNIA PENDIDIKAN". Oleh karena itu, mari kita dukung dengan cara like, subscribe, comment dan share. Terima kasih atas kunjungannnya.

Pengertian Inovasi dan Kreativitas Dalam Pengembangan Madrasah.


Pada kesempatan ini, kami berbagi tentang Pengertian Inovasi dan Kreativitas Dalam Pengembangan Madrasah.

Pendidikan diarahkan untuk menghasilkan manusia berkualitas yang mampu bersaing dan memiliki budi pekerti yang luhur. dan moral yang baik. Penyelenggaraan pendidikan akan berhadapan dengan permasalahan yang kompleks, oleh sebab itu faktor yang sangat erat kaitannya. Banyak faktor yang menentukan keberhasilan dan ketidakberhasilan pendidikan. 

Oleh karena itu, pendidikan akan senantiasa berubah bergantung pada faktor-faktor yang mempengaruhinya antara lain faktor perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Oleh sebab itu perlu diadakan inovasi pendidikan.


Lihat juga :

  1. Pedoman Cara Membuat Kisi-kisi Semester Genap Tingkat MTs/SMP TP. 2019/2020. 
  2. Kumpulan Kisi-kisi Semester Ganjil TP. 2018/2019.
  3. Aplikasi MOSBA/PENAMAD Tahun Pelajaran 2019/2020.

Madrasah merupakan tempat berlangsungnya proses pendidikan. Madrasah akan terus melakukan inovasi untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Tanpa inovasi Madrasah tidak akan dapat meraih prestasi yang maksimal. Hal ini karena tuntutan masyarakat semakin tinggi dan persaingan semakin ketat.

Masyarakat dalam hal ini orang tua siswa akan mencari Madrasah yang bisa memenuhi harapannya. Madrasah berprestasi dan unggul adalah madrasah yang secara berkelanjutan melakukan inovasi.

A. Pengertian Inovasi Madrasah

Inovasi adalah salah satu karakter ciri jiwa kewirausahaan. Inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi (UU No 18 tahun 2002). 

Menurut Kotler (1996) inovasi adalah sesuatu yang berkenaan dengan barang, jasa atau ide yang dirasakan baru oleh seseorang. Meskipun ide tersebut telah lama ada, tetapi dapat dikatakan suatu inovasi bagi orang yang baru melihat atau merasakannya. 

Berkaitan dengan dunia pendidikan khususnya Madrasah, inovasi diartikan sebagai suatu ide, barang, metode yang dirasakan atau diamati sebagai sesuatu hal yang baru bagi warga Madrasah dan stake holder serta masyarakat baik berupa hasil invensi maupun diskoveri untuk mencapai tujuan Madrasah atau memecahkan masalah Madrasah. 

Madrasah dapat melakukan inovasi dalam semua aspek seperti kurikulum, proses belajar mengajar, manajemen, kelembagaan, sarana dan prasarana, guru, siswa, pembiayaan, media pembelajaran, unit produksi Madrasah, dan lain-lain.

B. Prinsip-prinsip Inovasi

Drucker (1985) mengatakan bahwa dalam melakukan inovasi perlu memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:

1. Hal yang harus dilakukan
a. Menganalisis peluang
b. Apa yang harus dilakukan untuk memuaskan peluang
c. Sederhana dan terarah
d. Dimulai dari yang kecil
e. Kepemimpinan

2. Hal yang tidak harus dilakukan
a. Mencoba untuk menjadi yang pandai
b. Mencoba mengerjakan sesuatu yang banyak
c. Mencoba inovasi untuk masa yang akan datang

3. Kondisi
a. Memerlukan ilmu pengetahuan
b. Membangun keunggulannya sendiri
c. Inovasi adalah efek dari ekonomi dan masyarakat
Labels: KEWIRAUSAHAAN, PROGRAM KERJA

Thanks for reading Pengertian Inovasi dan Kreativitas Dalam Pengembangan Madrasah.. Please share...!

0 Comment for "Pengertian Inovasi dan Kreativitas Dalam Pengembangan Madrasah."

Jangan nyepam ya !

Back To Top