Situs Perangkat K13 dan Modul Ajar Kumer

Selamat datang di situs DUNIA PENDIDIKAN, semoga terjalin tali silaturrahim antara kita. Selain berbagi lewat blog atau website, kami juga berbagi lewat channel youtube "DUNIA PENDIDIKAN". Oleh karena itu, mari kita dukung dengan cara like, subscribe, comment dan share. Terima kasih atas kunjungannnya.

Pengantar Bisnis : Penjelasan Materi Bab 8 Tentang Konsep Nilai Waktu Dari Ruang.


Selamat datang di Dunia Pendidikan, pada kesempatan ini kami berbagi Program Studi Akuntansi : Materi Mata Kuliah Pengantar Bisnis Semester 1.

Tujuannya memudahkan para mahasiswa untuk mendalami Materi Pengantar Bisnis Bab 8 Konsep Nilai Waktu Dari Ruang.

Berikut Materi Pengantar Bisnis Bab 8 Konsep Nilai Waktu Dari Ruang :

BAB 8 KONSEP NILAI WAKTU DARI RUANG

KONSEP NILAI WAKTU DARI UANG

Konsep nilai waktu uang diperlukan oleh manajer keuangan dalam mengambil keputusan ketika akan melakukan investasi pada suatu aktiva dan pengambilan keputusan ketika akan menentukan sumber dana pinjaman yang akan dipilih.

Suatu jumlah uang tertentu yang diterima waktu yang akan datang jika dinilai sekarang maka jumlah uang tersebut harus didiskon dengan tingkat bunga tertentu (discount factor).

Suatu jumlah uang tertentu saat ini dinilai untuk waktu yang akan datang maka jumlah uang tersebut harus digandakan dengan tingkat bunga tertentu ( Compound factor)

1. Nilai yang akan datang (future value)
Nilai uang diwaktu akan datang dari sejumlah uang saat ini atau serangkaian pembayaran yang dievaluasi pada tingkat bunga yang berlaku.

2. Nilai saat ini (present value)
Nilai sekarang dari jumlah yang diperoleh di masa mendatang atau sering pula disebut dengan present value adalah nilai sejumlah uang yang saat ini dapat dibungakan untuk memperoleh jumlah yang lebih besar di masa mendatang.

3. Anuitas
Anuitas adalah suatu rangkaian penerimaan atau pembayaran tetap yang dilakukan secara berkala pada jangka waktu tertentu. Selain itu anuitas juga diartikan sebagai kontrak di mana perusahaan asuransi memberikan pembayaran secara berkala sebagai imbalan premi yang telah Anda bayar. Contohnya adalah bunga yang diterima dari obligasi atau dividen tunai dari suatu saham preferen.

Ada dua jenis anuitas:
1. Anuitas biasa (ordinary) adalah anuitas yang pembayaran atau penerimaannya terjadi pada akhir periode
2. Anuitas jatuh tempo (due) adalah anuitas yang pembayaran atau penerimaannya dilakukan di awal periode.

Dalam Anuitas (A) terkandung :
Angsuran (An) dan Bunga (Bn)
Rumus :
A = An + Bn

Anuitas Terhutang
H = A1 + A2 + A3 +…….+ An
H = A1 + A1(1+b) + A1(1+b) + …. + A1(1+b)

Nilai sekarang anuitas
PVAn = A1 [(S(1+i) n ] = A1 [ 1 – {1/ (1+ i)n /i } ]

Referensi:http://marchtavaissta.wordpress.com/2012/01/12/konsep-nilai-waktu-dari-uang/http://gedeeswastika-18.blogspot.com/2011/11/konsep-nilai-waktu-dari-uang.html
Labels: MATERI, PENGANTAR BISNIS, PERGURUAN TINGGI

Thanks for reading Pengantar Bisnis : Penjelasan Materi Bab 8 Tentang Konsep Nilai Waktu Dari Ruang.. Please share...!

0 Comment for "Pengantar Bisnis : Penjelasan Materi Bab 8 Tentang Konsep Nilai Waktu Dari Ruang."

Jangan nyepam ya !

Back To Top