Situs Perangkat K13 dan Modul Ajar Kumer

Selamat datang di situs DUNIA PENDIDIKAN, semoga terjalin tali silaturrahim antara kita. Selain berbagi lewat blog atau website, kami juga berbagi lewat channel youtube "DUNIA PENDIDIKAN". Oleh karena itu, mari kita dukung dengan cara like, subscribe, comment dan share. Terima kasih atas kunjungannnya.

Acara Sorong Serah Aji Krama di Desa Tumbuh Mulia.


Selamat datang warga Tumbuh Mulia dan sekitarnya, pada kesempatan ini kami berbagi artikel tentang salah satu adat sasak yang masih berkembang di tengah-tengah masyarakat kita di Lombok ini yaitu Sorong Serah Aji Krama.

Perlu kita ketahui bersama bahwa Sorong Serah terdiri dari Kata “Sorong” dan “Serah”. Dalam bahasa Sasak “Sorong Serah” teparan  “Kerante Seroja” (kata Majemuk).

Sorong artinya mendorong, yang didorong tentu barang yang berat, dari segi nikah didorong untuk diserahkan. 

Jadi, Sorong Serah artinya serah terima. Yang diserah terimakan adalah nilai atau harga, yang telah dibiaskan (ditetapkan) oleh Krama adalah sekumpulan orang ahli agama, ahli adat, dan para tokoh lainnya yang telah dapat menetapkan tentang nilai dalam Sorong Serah Aji Krama ini. 


Baca endah...Inilah Sejarah Berdirinya Desa Suralaga.

Yang disorong serahkan ini merupakan lambang yang diwujudkan dalam bentuk benda yang terdiri dari : Sesirah, Pudak Arum, Salin Dede, Ceraken, Olen, Nampak lemah, Pemegat, Pencanangan/Penjambeqan, Rombong.

Jadi, Sorong Serah Aji Krama adalah merupakan salah satu upacara adat yang sulit untuk di abaikan, apalagi di lupakan. Upacara ini dilakukan apabila ada yang melaksanakan pernikahan, upacara inilah yang dinamakan “Sorong Serah Aji Krama”.

Acara Sorong Serah Aji Krama kali ini berlangsung di rumah salah satu masyarakat Tumbuh Mulia yaitu Bapak Najmuddin, S.Pd.SD pada hari Sabtu (06/07) tadi siang.



Acara tersebut berisi sorong serah aji krama pelarian saudari Ammy Latipatunnisak, S.Pd dengan saudara M. Zainul Ikrom, S.Pd dari Desa Tanak Maik Kecamatan Masbagik Lombok Timur.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Bapak Kepala Desa Tumbuh Mulia, Bapak Kadus, Bapak RT, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan pengurus kampung KB Tumbuh Jaya.

Berikut hasil dokumentasi Sorong Serah Aji Krama oleh Tim Kreatif Kampung KB Tumbuh Jaya:










Sorong Serah Aji Krama  ini merupakan lambang saja, tapi artinya yang terkandung didalamnya yaitu Serah terima tanggung jawab dari orang tua penganten wanita kepada penganten laki untuk bertanggung jawab kepada istrinya dari dunia sampai akhirat kelak.

Demikian, semoga saudari kami nanti menjadi keluarga yang samawa.

#Teman SDN 5 Suralaga.
Labels: KOLEKSI TERBARU, RADAR TUMBUH MULIA

Thanks for reading Acara Sorong Serah Aji Krama di Desa Tumbuh Mulia.. Please share...!

2 Comment for "Acara Sorong Serah Aji Krama di Desa Tumbuh Mulia."

Jangan nyepam ya !

Back To Top