Situs Perangkat K13 dan Modul Ajar Kumer

Selamat datang di situs DUNIA PENDIDIKAN, semoga terjalin tali silaturrahim antara kita. Selain berbagi lewat blog atau website, kami juga berbagi lewat channel youtube "DUNIA PENDIDIKAN". Oleh karena itu, mari kita dukung dengan cara like, subscribe, comment dan share. Terima kasih atas kunjungannnya.

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Tentang Pengertian Recount text, Tujuan, Generic Structure dan Contohnya.

Selamat datang para bloger, semoga kita dalam keadaan sehat untuk mentransfer ilmu kepada peserta didik dan orang lain. 

Pada kesempatan ini saya akan berbagi materi pelajaran kelas 9 tentang Recount text. Berikut ini penjelasannya.

A. Pengertian Recount Text

“Recount” dalam kamus bahasa Inggris berati “menceritakan”, “recount text” berarti “text yang menceritakan”.

Recount text is a text that telling the reader about one story, action or activity (Recount text adalah sebuah teks yang menceritakan tentang suatu cerita, tindakan, atau kegiatan).



Jadi, dapat kita simpulkan bahwa recount text adalah menceritakan suatu kejadian atau pengalaman yang terjadi dimasa lalu contohnya seperti pengalaman Anda berlibur atau suatu pengalaman Anda bertemu artis idola anda. Berbeda dengan narrative text, pada recount text tidak terdapat complication atau conflict masalah.

B. Tujuan Recount Text
Adapun tujuan recount text adalah sebagai berikut:

The porpose of recount text is to entertain or inform the readers (Tujuan recount text adalah untuk menghibur dan menginformasikan para pembaca).

Tujuan komunikasi dari recount text adalah menceritakn suatu pengalaman atau kejadian yang terjadi dimasa lalu dengan tujuan untuk menghibur (entertain) dan menginformasikan (inform) pembaca.

C. Generic Structure Recount Text


Recount text memiliki susunan atau struktur. Generic Structure recount text terdiri dari:
  1. Orientation: memceritakan mengenai latarbelakang  informasi tentang siapa, di mana, kapan kejadian atau peristiwa terjadi.
  2. Events: menceritakan suatu peristiwa yang terjadi setelahnya diceritakan sesuai urutan kronologis.
  3. Reorientation: berisi rangkuman atau conclusion dari semua kejadian. Pada bagian ini juga berisi pendapat atau kesan penulis tentang kejadian yang diceritakan.

C. Contoh Recount Text


Vacation to Mawun Beach Center Lombok


Last week, I and my friends went to the beach after school. We used public transportation. We reached the beach at 4 p.m. The beach was beautiful and clean.


Events:

At the beach, it was fun. We played football in the coast line. After that, we built a castle from sand. In the night, we made bonfire together. We roasted fishes and squites then we ate them. In the midnight, it was time to share our scary stories. One by one, we told our story.


Reorientation:


At the morning, we went home. It was a moment I never forgot.


Demikian penjelasan Pengertian, Tujuan, Generic Structure, dan Contoh Recount text Dalam Bahasa Inggris, semoga bermanfaat.  
Labels: MATERI, SMP/MTs

Thanks for reading Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Tentang Pengertian Recount text, Tujuan, Generic Structure dan Contohnya.. Please share...!

0 Comment for "Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Tentang Pengertian Recount text, Tujuan, Generic Structure dan Contohnya."

Jangan nyepam ya !

Back To Top