Situs Perangkat K13 dan Modul Ajar Kumer

Selamat datang di situs DUNIA PENDIDIKAN, semoga terjalin tali silaturrahim antara kita. Selain berbagi lewat blog atau website, kami juga berbagi lewat channel youtube "DUNIA PENDIDIKAN". Oleh karena itu, mari kita dukung dengan cara like, subscribe, comment dan share. Terima kasih atas kunjungannnya.

Chapter VI. Everybody is always in the middle of something kelas 9 MTs.

Kompetensi Dasar

1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

2.3  Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

3.8 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.3 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Materi Pokok

Dalam bab ini peserta didik belajar menyatakan tentang tindakan/ kegiatan/kejadian yang sedang terjadi pada tiga waktu yang berbeda: saat ini pada saat diucapkan, pada waktu lampau dan pada waktu yang akan datang ketika dilaksanakannya atau terjadinya tindakan/kegiatan/kejadian lain. Tata bahasa tersebut tidak akan dipelajari sebagai aturan atau teori, tetapi diterapkan dalam bentuk kalimat-kalimat yang bermakna dan relevan dengan kahidupan peserta didik. Pada akhir bab ini, ketiganya perlu dipaparkan secara bersamaan agar terlihat perbedaannya.

Fungsi Sosial

Menyatakan suatu tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang terjadi pada tiga titik waktu yang berbeda sebagaimana tersebut di atas selalu memiliki maksud (fungsi sosial) tertentu, antara lain menceritakan, menjanjikan, memberitahukan, melaporkan, atau menjelaskan. Oleh karena itu, contoh-contoh kalimat yang diberikan kepada peserta didik bukan asal kalimat dalam present continuous tense, past continuous tense dan  continuous tense dengan kata kerja bantu modal will. Setiap kalimat perlu memiliki maksud atau fungsi sosial tertentu.

Struktur Teks

Suatu tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang terjadi dinyatakan dalam bentuk countinuous/progressive tense, be+ V-ing.  Kapan tindakan/kegiatan/kejadian tersebut sedang berlangsung (pada waktu lampau, saat ini, atau waktu yang akan datang) ditunjukkan oleh bentuk kata kerja Be-nya is/am/are jika sedang berlangsung pada saat kalimat diucapkan, was/were jika sedang berlangsung di satu titik di waktu lampau, dan will be jika sedang berlangsung di satu titik di waktu yang akan datang. 

Peserta didik dituntut menghasilkan teks lisan dan tulis yang terdiri dari kalimat-kalimat pendek dan sederhana. Namun peserta didik yang memiliki kemampuan di bawah rata-rata, perlu diberikan kegiatan remedial, dalam bentuk tugas membaca dan menghasilkan teks-teks dengan topik lain, namun tetap pada tingkat kesulitan yang sama, yaitu pendek dan sederhana.Peserta didik yang memiliki kemampuan di atas rata-rata perlu diberikan pengayaan, dalam bentuk tuntutan menghasilkan teks yang semakin dekat dengan kehidupan nyata masing-masing dengan kalimat-kalimat yang lebih panjang dan lebih kompleks.

Demikian, selamat bermanfaat.
Labels: MATERI, SMP/MTs

Thanks for reading Chapter VI. Everybody is always in the middle of something kelas 9 MTs.. Please share...!

0 Comment for "Chapter VI. Everybody is always in the middle of something kelas 9 MTs."

Jangan nyepam ya !

Back To Top