Situs Perangkat K13 dan Modul Ajar Kumer

Selamat datang di situs DUNIA PENDIDIKAN, semoga terjalin tali silaturrahim antara kita. Selain berbagi lewat blog atau website, kami juga berbagi lewat channel youtube "DUNIA PENDIDIKAN". Oleh karena itu, mari kita dukung dengan cara like, subscribe, comment dan share. Terima kasih atas kunjungannnya.

Chapter 4 : Be healthy, be happy kelas 9 MTs.



Chapter 4 : "Be healthy, be happy" 
   
a. Kompetensi Dasar

1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarkomunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

3.6 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari teks label obat /makanan /minuman, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.6 Menangkap makna label obat /makanan /minuman, sangat pendek dan sederhana.   
    
b. Materi Pokok

Bab ini memuat materi pokok label obat/makanan/minuman. Label obat/makanan/minuman adalah teks yang tertera pada bungkus/kemasan produk yang memuat deskripsi terperinci tentang produk maupun cara menggunakannya. Kemampuan memahami label dapat meningkatkan kecerdasan peserta didik dalam menentukan pilihan produk yang akan dibeli atau digunakan, dan jika telah memilih, mereka mampu menggunakan produk tersebut secara tepat sehingga mendapatkan manfaat sebaik-baiknya dari produk serta dapat menghindari hal-hal yang tidak baik dan tidak aman ketika menggunakannya.

c. Fungsi Sosial

Label obat/makanan/minuman memiliki berfungsi memastikan agar konsumen memiliki pemahaman yang tepat tentang produk serta melakukan tindakan sesuai dengan yang disarankan atau yang seharusnya, sehingga mendapatkan manfaat dari produk yang sebaik-baiknya serta dapat menghindarkan kekeliruan dalam menentukan pilihan atau menggunakannya.

d. Struktur Teks

Label produk biasanya memiliki struktur yang terdiri dari:

(a) Nama obat/makanan/minuman yang diberi label dan 
(b) Informasi terperinci tentang obat/makanan/minuman yang bersangkutan. 

Label biasanya didominasi penggunaan little teks, yaitu teks yang didominasi penggunaan kata leksikal, dan meminimalisir penggunaan kata gramatikal atau kata tugas, seperti artikel, kata ganti, dan sebagainya. Contoh  little teks lainnya adalah judul, ungkapan idiomatik, slogan, dan sebagainya.

Ada label obat yang sangat pendek dan sederhana dan ada pula yang sangat panjang dan kompleks, tergantung dari tingkat kelengkapan informasinya. Perhatikan informasi yang dimuat dalam label obat batuk Pinux dan obat pembersih tangan Sina-Spirits. batuk Pinux jauh lebih pendek dan sederhana daripada obat pencuci tangan little teks karena Pinux memuat informasi yang lebih sedikit dan little teks lebih banyak dan lebih lengkap.

Informasi tentang produk mencakup banyak hal. Dapat dilihat pada contoh-contoh di atas, informasi tentang obat (drug facts), mencakup indikasi, komposisi, cara pakai, indikasi, kontra indikasi, efek samping, peringatan khusus, cara penyimpanan, tempat produksi, waktu kadaluwarsa, dan sebagainya. Label makanan/minuman memuat informasi nilai gizi (nutrition facts), termasuk deskripsi yang ‘menjual’ tentang produk, bahan yang terkandung dalam produk, prosedur penggunaan/penyajian/memasak, cara penyimpanan, tempat produksi, dan waktu kadaluwarsa.

Menurut rumusan KI-KD Kelas IX, pembelajaran tentang label dibatasi hanya pada label yang sangat pendek dan sederhana. Komitmen untuk mengedepankan keautentikan teks ternyata dihadapkan pada terbatasnya ketersediaan label sangat pendek dan sederhana di sumber-sumber autentik. Jalan tengah yang diambil adalah dengan menerapkan kriteria ‘sangat pendek dan sederhana’ tersebut bukan pada ukuran teks, tetapi pada ukuran kalimat dan frasa yang digunakan untuk menyatakan butir-butir informasi.Selain itu, jumlah informasi yang dicakup juga dibatasi hanya tujuh jenis yang secara langsung terkait dengan tindakan menggunakan produk, yaitu:

(1) nama dan merk produk,
(2) deskripsi tentang produk,
(3) isi,
(4) penggunaan obat (use) dan komposisi (ingredients) makanan /minuman,
(5) cara pemakaian, penggunaan, memasak, menyajikan (direction to use, service, cook),
(6) cara menyimpan (direction to store), dan
(7) tanggal kadaluwarsa (direction to store).

Perhatikan bagaimana setiap jenis informasi dinyatakan dalam label produk obat batuk Pinux dan cairan cuci tangan Sina-Spritz di bawah ini. Bentuk tulisan yang digunakan dalam tabel tersebut menandakan keharusan bagi peserta didik untuk menggunakan tulisan tangan untuk mengerjakan tugas pengamatan.

e. Tujuan Pembelajaran

We will learn:

- to choose healthy and safe products
- to avoid harmful effects
- to get the best results

Lihat...Materi Label dan contohnya.

Demikian, semoga bemanfaat.
Labels: MATERI, SMP/MTs

Thanks for reading Chapter 4 : Be healthy, be happy kelas 9 MTs.. Please share...!

1 Comment for "Chapter 4 : Be healthy, be happy kelas 9 MTs."

Jangan nyepam ya !

Back To Top