Situs Perangkat K13 dan Modul Ajar Kumer

Selamat datang di situs DUNIA PENDIDIKAN, semoga terjalin tali silaturrahim antara kita. Selain berbagi lewat blog atau website, kami juga berbagi lewat channel youtube "DUNIA PENDIDIKAN". Oleh karena itu, mari kita dukung dengan cara like, subscribe, comment dan share. Terima kasih atas kunjungannnya.

Kumpulan Silabus Umum Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tingkat Satuan Pendidikan MTs/SMP.


Pada kesempatan ini, kami berbagi Kumpulan Silabus Umum Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tingkat Satuan Pendidikan MTs/SMP.

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.

Untuk menambah wawasan kita tentang silabus, berikut ini ada beberapa pendapat menurut beberapa ahli yaitu;
  1. Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar (Kunandar, 2011: 244).
  2. Sedangkan silabus menurut Yulaelawati adalah seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis, memuat tentang komponen-komponen yang saling berkaitan dalam mencapai penguasaan kompetensi dasar.
  3. Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, pencapaian kompetensi untuk penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar (Trianto, 2010:96).
Jadi, Silabus merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis yang memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar.

Berikut ini kami berbagi silabus mata pelajaran umum terbaru revisi 2017 kurikulum 2013 
tingkat satuan pendidikan MTs/SMP sebagai acuan dalam pembuatan RPP:


1. Bahasa Indonesia 
2. Bahasa Inggris 
3. Bahasa Arab
4. Matematika 
5. IPA Terpadu 
6. IPS Terpadu 
7. PKn 
8. SBK 
9. Penjaskes  
10. Prakarya 

Demikian, semoga bermanfaat. 
Labels: PERANGKAT, SILABUS

Thanks for reading Kumpulan Silabus Umum Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tingkat Satuan Pendidikan MTs/SMP.. Please share...!

0 Comment for "Kumpulan Silabus Umum Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tingkat Satuan Pendidikan MTs/SMP."

Jangan nyepam ya !

Back To Top