Situs Perangkat K13 dan Modul Ajar Kumer

Selamat datang di situs DUNIA PENDIDIKAN, semoga terjalin tali silaturrahim antara kita. Selain berbagi lewat blog atau website, kami juga berbagi lewat channel youtube "DUNIA PENDIDIKAN". Oleh karena itu, mari kita dukung dengan cara like, subscribe, comment dan share. Terima kasih atas kunjungannnya.

Cara Menghitung Pekan Efektif dan Pekan Tidak Efektif Dalam Satu Semester.



Cara Menghitung Pekan Efektif dan Pekan Tidak Efektif


Semua perangkat pembelajaran menjelang tahun ajaran baru harus segera disesuaikan dengan tugas masing-masing pendidik, jika masih mengampu materi dan kelas yang sama mungkin tidak banyak yang berubah perangkat pemebelajaran yang dimiliki cumat mengedit tahun ajaran baru. 

Namun bagi guru yang mengampu materi yang berbeda dengan tahun ajaran sebelumnya maka inilah saatnya untuk kembali belajar menyiapkan perangkat-perangkat pembelajarannya.

Baca juga...Contoh Terbaru Bentuk Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Kurikulum 2013.

Sebelum menyusun silabus dan RPP, guru harus mengetahui distribusi pekan efektif dan pekan tidak efektif dalam satu smester, hal ini penting untuk mengetahui berapa jumlah pertemuan yang akan di lakukan dengan peserta didik, serta pencairan materi yang harus disampaikan dalam satu semester.

Lalu bagaimana cara menghitung pekan efektif dan pekan tidak efektif? adapu perangkat utama yang harus disiapkan yaitu kalender pendidikan yang dibuat oleh wakamad Kurikulum. 

Pekan efektif adalah pekan dimana proses belajar mengajar berlangsung. Sedangkan pekan tidak efektif adalah dimana proses belajar mengajar tidak dapat dilaksanakan.
Contoh gambaran umum

Untuk mengetahui pekan dimana tidak bisa melaksanakan proses belajar mengajar, cek kalender pendidikan. Pekan tidak efektif tersebut antara lain libur semester, libur hari raya, libur puasa, dan pelaksanaan ujian nasional.

Baca juga...Aplikasi Terbaru Administrasi Guru (Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4) Kurikulum 2013.

Pekan efektif diperoleh dari jumlah pekan tiap bulan dikurangi pekan tidak efektif pada bulan tersebut, mudah bukan? dalam menentukan pekan efektif dan pekan tidak efektif kerjakanlah bersama-sama guru dalam sekolah sehingga ada kesamaan dalam pelaksanaannya.

Bagi yang berminat filenya, silahkan menghubungi admin via WA (081997666360), Facebook (Amanda Fariz Mekar Pratama) dan Email (mekarfariz@gmail.com) atau bisa tinggalkan pesan di kotak komentar.

Demikian, mari kita tingkatkan kualitas profesionalisme kita sebagai pendidik, terus belajar dan berkarya serta berbakti untuk negeri, semoga hidup kita selalu diberkahi. Aamiin
Labels: APLIKASI, GURU

Thanks for reading Cara Menghitung Pekan Efektif dan Pekan Tidak Efektif Dalam Satu Semester.. Please share...!

1 Comment for "Cara Menghitung Pekan Efektif dan Pekan Tidak Efektif Dalam Satu Semester."

Assalamaualaikum wr.wb. Boleh saya minta file penghitungan minggu efentifnya ya. klo boleh, mnt tlg dkirimkan ke no WA 081805710169 ya.

Salam,
Faesal Amir, Lombok Barat

Jangan nyepam ya !

Back To Top