Situs Perangkat K13 dan Modul Ajar Kumer

Selamat datang di situs DUNIA PENDIDIKAN, semoga terjalin tali silaturrahim antara kita. Selain berbagi lewat blog atau website, kami juga berbagi lewat channel youtube "DUNIA PENDIDIKAN". Oleh karena itu, mari kita dukung dengan cara like, subscribe, comment dan share. Terima kasih atas kunjungannnya.

Cara-cara Penggunaan Buku Di Perpustakaan.


Selamat datang para guru sedunia, salam ta’zim dan perjuangan. Semoga kita selalu diberikan kesehatan untuk persiapan mencerdaskan anak bangsa.

Cara-cara Penggunaan Buku Di Perpustakaan


Buku merupakan bentuk cetakan yang tidak bisa dijauhkan dari aktivitas belajar mengajar. Kebutuhan buku dalam proses pembelajaran menjadi salah satu kebutuhan wajib dimana peran buku utamanya dapat digunakan sebagai bahan ajar ataupun sumber belajar. Peranan sebagai bahan ajar sekaligus sumber belajar ini hampir dapat ditemukan pada setiap proses pembelajaran, hal ini banyak dikarenakan penggunaan buku yang mudah, murah, dapat digunakan kapan saja dan yang terpenting mampu memuat seluruh materi serta perangkat yang dibutuhkan dalam pembelajaran dalam sebuah bahan cetak.

Sekolah maupun institusi penyelenggara pendidikan lain sebagai pelaksana pendidikan sekaligus pusat kegiatan pembelajaran berlangsung diharapkan mampu menyediakan sarana dan prasarana atau fasilitas pendukung yang baik. Berkaitan dengan buku, maka sekolah harus memiliki pusat koleksi buku dimana buku-buku tersebut dapat digunakan seluruh personel sekolah terutama guru dan siswa untuk mendukung kegiatan pendidikan atau pembelajaran yang dilangsungkan. Fasilitas yang dimaksud adalah perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah dapat berfungsi sebagai tempat pembelajaran diluar kelas.

Namun, perpustakaan sekolah tidak seperti perpustakaan pada umumnya. Perpustakaan sekolah harus memiliki desain utama untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Hal yang paling utama yang perlu diperhatikan adalah jenis koleksi buku yang ada di perpustakaan sekolah. Buku yang berada di perpustakaan sekolah harus didominasi oleh buku pelajaran, literatur, ataupun referensi lain yang berhubungan dengan materi pembelajaran. Buku di perpustakaan sekolah juga harus disesuaikan dengan tingkatan usia dan kemampuan peserta didik secara umum.

Ini dimaksudkan juga agar perpustakaan dapat dimanfaatkan dengan baik, bayangkan saja jika perpustakaan di sekolah diisi dengan buku yang tidak relevan dengan materi pembelajaran atau tidak sesuai tingkatan pendidikan misal disebuah SMP diisi buku untuk SMA, sangat tidak tepat sasaran, siswa akan kesulitan mencari sumber referensi lain dan bahkan mencari di luar sekolah, perpustakaan akhirnya terbengkalai dan tidak mampu dimanfaatkan dengan optimal.

Berikut Ini Cara-cara Penggunaan Buku Di Perpustakaan:
  1. Mengisi rak buku jangan terlalu penuh
  2. Saat membuka buku dengan membolak–balik halaman buku, sebaiknya tangan jangan dibasahi dengan ludah/air karena menyebabkan buku cepat lapuk dan robek.
  3. Saat membaca buku atau berhenti membaca sejenak sebaiknya untuk menandai batasan buku yang sedang dibaca tidak dengan melipat bagian halaman buku, karena buku cepat rusak.
  4. Jangan biasakan mencoret/menandai pada bagian penting buku yang sedang dibaca.
  5. Ketika akan mengambil atau membaca buku, sebaiknya kondisi tangan benar–benar kering dan bersih.
  6. Usahakan buku yang disimpan didalam rak/almari buku, ditata dalam posisi berdiri agar lembaran buku bisa lebih awet.
  7. Buku yang dijilid menggunakan benang dan lem sangat rentan terhadap perlakuan kasar.
  8. Jangan sekali–kali menggunakan buku sebagai alat tidur, tempat duduk, pengganjal barang dan lainya.
  9. Buku sebaiknya jangan difotokopi karena saat memfotokopi bagian punggung buku biasanya ditekan kuat–kuat agar bisa datar permukaannya dan hasil kofiannya bagus.
  10. Jangan biasakan membawa buku dengan memasukkan ke dalam tas yang sudah penuh, atau ukuranya lebih kecil dari ukuran buku.
  11. Musuh utama buku adalah air, debu dan panas sengatan sinar matahari atau lampu dengan kekuatan tinggi.
  12. Kejahatan terhadap buku adalah merobek, melipat, mencorat–coret dan kejahatan yang paling besar adalah tidak mau membacanya.

Demikian, semoga bermanfaat.
Labels: PERPUSTAKAAN, PROGRAM KERJA

Thanks for reading Cara-cara Penggunaan Buku Di Perpustakaan.. Please share...!

0 Comment for "Cara-cara Penggunaan Buku Di Perpustakaan."

Jangan nyepam ya !

Back To Top