Situs Perangkat K13 dan Modul Ajar Kumer

Selamat datang di situs DUNIA PENDIDIKAN, semoga terjalin tali silaturrahim antara kita. Selain berbagi lewat blog atau website, kami juga berbagi lewat channel youtube "DUNIA PENDIDIKAN". Oleh karena itu, mari kita dukung dengan cara like, subscribe, comment dan share. Terima kasih atas kunjungannnya.

Program Bimbingan Konsling Tingkat SMP/MTs.


Selamat datang para pendidik khususnya guru bimbingan konsling (BK). Pada kesempatan ini, kami berbagi Program Terbaru Bimbingan Konsling sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan atau program di Sekolah atau Madrasah sehingga hasilnya sangat memuaskan dan maksimal dalam memajukan pendidikan.

Berlatar belakang pendidikan, tingkat keterdidikan penduduk suatu bangsa adalah sebuah barometer peradaban sebuah bangsa. Karena melalui pendidikan tunas-tunas bangsa diajar, dilatih dan dibimbing untuk mencapai sebuah tujuan pendidikan yaitu menjadi manusia seutuhnya yang memiliki keterampilan hidup, mempunyai kesadaran sosial, dan memiliki keyakinan akan adanya Tuhan.

Pendidikan di Indonesia dikembangkan berdasarkan pada Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN No.20 Th.2003 ). Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (UUSPN No.20 Th 2003 Bab II Pasal 3).

Pendidikan diarahkan bukan hanya untuk mengasah kemampuan kognisi semata, namun secara keseluruhan sebagaimana tercantum di dalam tujuan pendidikan di atas adalah terbentuknya individu yang memiliki kepribadian yang utuh, yang berakhlak mulia, kreatif dan mandiri, dengan kata lain terbentuknya individu yang memiliki keseimabangan lahir dan batin.

Pendukung utama bagi tercapainya sasaran pembangunan manusia Indonesia yang bermutu menurut Juntika (2006:3) adalah dengan pendidikan yang bermutu, yang tidak hanya melakukan transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi, akan tetapi harus didukung oleh peningkatan profesionalitas dan sistem manajemen tenaga kependidikan serta pengembangan kemampuan peserta didik untuk menolong diri sendiri dalam memilih dan mengambil keputusan demi pencapaian cita-cita.

Proses mewujudkan pendidikan yang bermutu di sekolah memerlukan kerjasama yang padu dari semua pihak yang terkait (sekolah, orang tua, pemerintah pusat dan setempat, dan lembaga pemerhati pendidikan). Untuk pencapaian tujuan pendidikan dan terbentuknya para peserta didik yang sukses secara akademis dan tumbuh optimal, menurut Juntika (2006:4), harus terjalin kersama antara para praktisi pendidikan yaitu; manajemen pendidikan, pengajaran, dan bimbingan, sebab ketiganya merupakan bidang-bidang utama dalam pencapaian tujuan pendidikan.

Oleh karena itu, peranan bimbingan konsling sangat berperan penting dalam membentuk krakteristik peserta didik. Ada pun program terbaru bimbingan konsling antara lain:
  1. Program kerja BK
  2. Satuan pendukung kunjungan rumah
  3. Satuan pendukung konferensi kasus
  4. Satuan pendukung ahli tangan kasus
  5. Daftar cek masalah
  6. Catatan kasus, dll.
Demikian, semoga bermanfaat bagi pendidikan di Sekolah/Madrasah khususnya dibidang bimbingan konsling. 
Labels: BIMBINGAN KONSLING, PROGRAM KERJA

Thanks for reading Program Bimbingan Konsling Tingkat SMP/MTs.. Please share...!

0 Comment for "Program Bimbingan Konsling Tingkat SMP/MTs."

Jangan nyepam ya !

Back To Top